Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui HP

Posted on

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui HP РBagi sebagian banyak pekerja di Indonesia, pasti banyak yang sudah tahu dengan BPJS Ketenagakerjaan. Ya karena memang rata-rata perusahaan di Indonesia sudah memakai asuransi ini untuk melindungi para pekerjanya dari hal yang tak di inginkan. Bagi pengguna BPJS ketenagakerjaan ini mereka diwajibkan untuk membayar iuran per bulannya, yang biasanya sudah di urusin sama perusahan mereka dengan memotong gaji mereka dengan keterangan iuran BPJS Ketenagakerjaan. Nominal iuran tersebut juga tidak semua pekerja sama, untuk pastinya berapa admin kurang tahu. Sebenarnya bpjs ketenagakerjaan ini sangat bermanfaat buat para pekerja, ya walaupun tiap bulannya harus membayar, tapi ini juga untuk asuransi kita juga kok. Kita tahu setiap pekerjaan memiliki banyak resiko, iya sih kita berharapnya selalu sehat dan selamat dalam bekerja, tapi kan kita tidak tahu nasib buruk itu bisa datang kapan saja. Selain itu ada juga manfaat lain dari bpjs ketenagakerjaan yakni  JK (jaminan kematian) , JKK (Jaminan Kecelakaan kerja) seperti yang admin jelaskan tadi, dan satu lagi yang tak kalah menarik adalah JHT (Jaminan Hari Tua). Nah pertanyaannya gimana kalau kita sudah tidak bekerja lagi, apakah iuran yang selama ini kita bayar bisa kita ambil ?

Tentu bisa, kalian bisa mengambil saldonya apabila kalian sudah tidak bekerja lagi. Bisa karena pensiun, atau habis kontrak juga bisa untuk mengambil saldo ini. Untuk mengambilnya kalian bisa datang ke Kantor BPJS daerah kalian dengan membawa beberapa persyaratan. Berapa sih saldo yang bisa kita ambil ? Semuanya bisa kok kalian ambil, untuk nominalnya setiap orang berbeda-beda tergantung masa kerja juga. Nah buat kalian yang pengen ngecek saldonya, kalian bisa cek hanya melalui hp kalian saja, untuk itu admin dibawah ini akan jelaskan ke kalian tentang cara mengecek saldo bpjs ketenagakerjaan melalui hp canggih kalian tanpa harus ke kantor bpjs.

Cara Mengecek Saldo Bpjs Ketenagakerjaan Melalui HP

  1. Pertama-tama kalian harus mempunyai dulu aplikasi BPJS Ketenagakerjaan, apabila kalian belum punya maka kalian bisa langsung download di Playstore kalian.
  2. Untuk kalian yang pertama kali memakai aplikasi bpjs ketenagakerjaan ini, kalian diharuskan mendaftar dahulu atau membuat akun dengan memasukkan nomer bpjs kalian, dan beberapa data-data kalian.
  3. Apabila sudah selesai pembuatan akunnya, kalian langsung saja pilih menu layanan Jaminan Hari Tua (JHT), dan pilih Saldo JHT atau Jaminan Hari Tua yang tertera pada layar hp kalian.
  4. Selanjutnya kalian langsung saja pilih nomor KPJ yang tertera pada kartu BPJS, lalu kalian akan disuruh memasukkan PIN. Isi PIN tersebut sesuai dengan Pin yang telah anda buat saat pendaftaran akun tadi.
  5. Dan kalian bisa langsung melihat saldo bpjs ketenagakerjaan kalian melalui aplikasi tersebut.

Note: Apabila setelah kelima cara diatas sudah kalian lakukan dan saldo kalian tidak muncul, atau bahkan aplikasi tersebut error. Kalian langsung pergi saja ke pengaturan, buka aplikasi berjalan, dan kalian cari aplikasi BPJS Ketenagakerjaan tersebut. Setelah itu kalian hapus data, dan cache di aplikasi bpjs ketenagakerjaan itu. Selanjutnya kalian coba buka lagi.

Dan itulah beberapa cara untuk kalian bisa mengecek saldo bpjs ketenagakerjaan kalian hanya dengan melalui hp. Dengan menggunakan aplikasi tersebut selain bisa mengecek seluruh saldo kalian, kalian juga bisa mengontrol saldo kalian setiap bulannya. Mungkin itu saja dari admin semoga penjalasan diatas dapat membantu kalian. Terimakasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *